Jumat, 08 Juni 2012

Melatih Ayam Siap ke Arena


- Pilih ayam jantan usia min. 7-8 bulan. Persiapan ayam idealnya 1 bulan
- Jemur ayam setelah dimandikan antara pukul 8 – 10 pagi, 30-60 menit.
- Lari/putar dengan bantuan ayam lain yang dimasukkan kurungan, berfungsi menguatkan nafas (stamina) dan pembentukan otot paha secara natural. Selain itu juga berguna melatih mental/semangat tarung. Otot yang terbentuk berupa serabut halus pada kaki sehingga pukulan ayam lebih gesit namun berbobot, 10 menit tiap pagi harinya.

- Umbar di halaman untuk menambah stamina dan kesegaran
- Pada sore hari, setelah ayam dimandikan tapi tidak terlalu basah agar otot ayam tidak kaget, lakukan Pale (push up, jantur, urut, dsb). Biasanya khusus ditujukan untuk membentuk otot2 tertentu seperti paha, sayap, leher, dll.
- Latihan kebas, seperti gerakkan memukul lawan dengan bantuan tangan. Frekuensi bertambah mulai 50, 75, 100 kali.
- Dodoki/push up, frekuensi ditingkatkan mulai dari 10 hingga 30 menit. Tujuannya untuk menguatkan pukulan ayam, bisa juga ditambah beban pada minggu ke 2.
- Setelah istirahat push up 5 menit, kemudian jantur ayam selama 5 menit. Penjanturan dilakukan hanya ketika bulu pangkal ekor ayam telah tua agar tidak tercabut ketika dilakukan penjanturan.
- Latihan cakar di tanah/pasir 10 menit, tujuannya untuk mengguatkan pukulan dan keakuratan.
- Istirahatkan ayam 30 menit. Latihan seperti itu dilakukan 3 kali seminggu berturut-turut. Latihan ayam terlalu forsir seminggu terus-menerus menyebabkan ayam stress saat turun arena.
-Setelah tiga hari ayam mengalami training khusus, lakukan umbar pasir (kipu), melenturkan/mengendurkan seluruh otot badan yang kaku. Biasanya setelah dimandikan dan dijemur, otomatis ayam langsung senang kipu.
- Pada hari ke 5, lakukan renang sekuat tenaga ayam tersebut untuk menguatkan hampir seluruh otot tubuh dan meningkatkan stamina. Setelah renang, umbar ayam sampai sore di halaman atau kandang umbaran. Besoknya, bisa kita tambah doping/jamu ayam sesuai kebutuhan atau jika diperlukan (vit B complex/A/C, tomat, kalk, minyak ikan, doping, dll) dan ayam di istirahatkan.
- Hari yang ke 7, Abar/gebrak/bungkus patok untuk meningkatkan stamina, otot, daya tahan pukul, teknik dan mental lamanya 10-15 menit.

Sebenarnya masih banyak cara lain yang digunakan para bebotoh untuk melatih ayamnya dan masing2 juga berbeda. Cara ini adalah yang paling umum digunakan ^^ 
Salam Majapahit Breeder.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar