Laman

Senin, 24 September 2012

Anakan Ayam Dari Telur Pertama


PhotobucketBanyak orang bertanya-tanya mengenai, apakah ayam betina/babon dedara yang baru pertama bertelur jika ditetaskan anakannya kurang bagus?

Mungkin hampir semua forum yang berbicara tentang ayam telah membahasnya tapi tidak sedikit juga orang yang masih belum mengetahuinya. Disini saya akan sharing pengalaman saya ketika saya memulai beternak ayam BK.
Umur ayam betina baru bertelur berkisar 6-7 bulan, dan telur yang dihasilkan berkisar 7-10 butir telur. Jumlah telur selama masa bertelur akan semakin bertambah sesuai dengan perkembangan umur ayam tersebut berkisar 10-15 telur (betina dewasa di atas 1 tahun).
Saya melakukan percobaan dengan 5 ekor ayam dengan bobot seragam (betina ukuran 5-5,5), 3 ekor ayam betina yang baru pertama bertelur dan 2 ekor ayam betina dewasa. Ketika semua telur saya tetaskan, masing2 DOC ayam diletakkan
di kandang khusus anakan dengan induknya sekalian bukan dengan lampu/pemanas, klik disini cara merawat anakan 1-4 bulan. Sampai saat ini tidak terjadi permasalahan karena masing2 ayam telah diberikan nutrisi pakan yang cukup memadai. Selang 2 bulan kemudian, disinilah letak perbedaanya sudah terlihat dimana anakan dari 2 ekor ayam betina dewasa lebih gesit dan lincah serta pertumbuhannya relatif lebih cepat.
Setelah lebih dari 7 bulan memantau perkembangan dedara ayam yang saya tetaskan tadi hasilnya kurang optimal, saya tidak mengatakan anakannya jelek hanya saja kurang optimal harusnya bisa lebih bagus. Kalaulah saya berikan nilai termasuk anakan Grade B dan biasanya saya potong sendiri. Akan tetapi ayam dedara tadi setelah bertelur di atas 5 kali, hasilnya baru bisa saya katakan Grade A.

Kesimpulan:
1.  Anakan dari ayam dedara hasilnya masih kurang optimal seharusnya anakan yang dihasilkan bisa lebih bagus daripada sebelumnya setelah berumur di atas 10 bulan.
2. Jika Anda ingin memulai beternak ayam BK aduan dan sejenisnya, sebaiknya Anda mencari betina yang telah siap untuk diternak umur di atas 1 tahun atau minimal > 10 bulan. Semakin betinanya cukup umur anakan yang dihasilkan pun sangat bagus dan optimal.

Nb: Variabel yang membuat perbedaan hasil percobaan dengan peternak lain yaitu umur ayam, ransum pakan, cara penetasan, kandang anakan, ukuran dan jenis ayam.

Semoga ilmu ini bermanfaat bagi rekan2 pecinta ayam aduan di seluruh Indonesia agar lebih menghasilakan ayam2 petarung berkualitas sampai pelosok nusantara. Salam kukuruyuuk Majapahit Breeder. :D :P

3 komentar: