Laman

Rabu, 31 Oktober 2012

Mengobati Cacar/Kutilan Pada Anak Ayam

Memang sangat menjengkelkan jika kita mempunyai anak ayam yang telah kita pelihara baik2 tiba2 muncul benjolan2/kutil di sekitar kepala atau bahkan muncul di badan. Memang kelihatannya sepele, tapi jika dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan anak ayam itu sendiri.
Penyakit cacar/kutilan ini disebabkan oleh virus yang dipacu karena kondisi lingkungan kandang, biasanya kandang kotor dan lembab apalagi pada musim penghujan datang. Tapi tak perlu khawatir, jika penanganan yang benar akan mencegah cacar itu mewabah di kandang Anda.
Berikut cara untuk menanggulanginya:

  1. Selalu bersihkan kandang dan jaga selalu kondisi kandang kering, karena kelembapan kandang yang berlebihan dapat memacu datangnya penyakit ini.
  2. Tutup kandang dengan rapat pada malam hari, karena carier virus ini dibawa oleh nyamuk.
  3. Pisahkan segera jika ada yang mulai terjangkit, virus ini bisa menular dengan cara bersentuhan langsung.
  4. Jika telah terlanjur terserang, olesi cacar dengan obat: Methylen Blue/Neo Blue, Betadine, antisep, rodalon, dll (bisa pilih salah satu). Sekitar 3-4 hari cacar/kutil itu akan jatuh sendiri.
  5. Sebenarnya virus itu tidak dapat mati dengan obat2 di atas, tapi yang berperan sangat penting adalah sistem imun anak ayam itu sendiri. Tak heran jika virus ini hanya muncul 1x saja dan t'muncul lagi setelah ayam sembuh.
  6. Kebersihan kandang dan perawatan yang benar adalah solusi terbaik sebagai pencegahan, karena pencegahan lebih baik dari pada pengobatan.

1 komentar: