Kamis, 11 Oktober 2012

Perawatan Ayam Pasca Pertarungan


Siapa yang tidak merasa bangga jika ayam kita menang di arena sabung ayam? Rasanya tidak sia-sia mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk perawatan pra-pertarungan demi kemenangan di arena. Akan tetapi beberapa hari kemudian, ayam jawara kita tidak bisa tarung lagi gara-gara sakit ditambah lagi kena koreb juga. Sungguh amat sangat disayangkan jika hewan klangenan kita hanya bisa terbaring lemas dikandang tanpa tenaga. Rasanya ingin dijual tapi sayang, kalau pun laku hanya laku berapa? Tidak sebanding dengan perawatan sebelumnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita mencegah hal itu terjadi. 
Berikut tips yang akan membantu perawatan ayam pasca aduan:

  • Bersihkan ayam dari luka terutama yang berdarah & memar menggunakan air yang dicampur dengan disinfektan (rodalon, antisep, dll) sampai bersih dari darah. 
  • Kompres dengan air hangat tapi jangan terlalu suam2 kuku guna mempercepat penyembuhan luka & memar, keringkan dengan handuk bersih. 
  • Usapkan minyak tawon (obat yang lain juga boleh) ke luka/memar hingga merata, gunanya untuk mempercepat pengeringan luka, biasanya 3 hari setelah pengolesan luka sudah kering dan mengelupas.
  • Berikan jamu telur & madu dengan cara disepetkan ke tembolok ayam, pemberian jamu ini berguna untuk memulihkan stamina ayam yang sedang drop. 
  • Jika lawan tanding berkorep, lebih baik berjaga-jaga dengan salep/obat anti koreb, jika terlambat koreb bisa cepat menjalar ke bagian lain. 
  • Istirahatkan ayam dikandang, kalau bisa jangan sampai kelihatan ayam pejantan lain karena ayam tersebut akan merasa terintimidasi karena lukanya belum sembuh dan tak jarang tiba2 mentalnya turun/jatuh padahal telah menang tarung (beberapa pengalaman, tapi tak semua ayam). 
  • Berikan makanan lunak yang gampang diserap oleh tubuh ayam, mengingat pasca pertarungan pencernaanya biasanya terganggu. Contohnya: jagung yang terlebih dahulu direndam dengan air semalaman, tepung jagung dan beras merah yang ditanak, dll. Berikan sampai ayam fit kembali, setelah itu baru diberi makan seperti biasa.
Ada banyak cara dalam perawatan ayam pasca pertarungan, tetapi ini yang biasa kami lakukan berdasarkan pengalaman. Demikian Tips dari Majapahit Breeder, semoga bermanfaat ;-)

2 komentar:

  1. rizalbesot@rocketmail.com21 April 2013 01.57

    jika ayam tidak mau di adu badai mana cara merawat ayam agar mau di adu

    BalasHapus
  2. identifikasi penyebabnya dulu, mungkin ayam lagi tdk fit, kacrek dngan ayam lain, dsb.. setelah itu perawatan menyesuaikan saja..

    BalasHapus